Welkomen This Is Me - The one and only Wina Anggari

And the stories begin ....

Wednesday, August 29, 2012

Cerita Anak Kos-Lalapan dan Nama Uniknya


Anak kos identik dengan lalapan? Sepertinya banyak yang meng-amini nya. #pengalaman pribadi# Makanan ini menjadi menu wajib bagi para perantau terutama mahasiswa di kota Malang. Lalapan pada dasarnya adalah masakan dari sekumpulan sayuran mentah yang dikonsumsi dengan sambal. Menu makanan yg terdiri dari lauk (bisa ayam, lele, ikan, tahu, tempe), daun dan sayuran mentah-yang  terkadang juga direbus (biasanya irisan mentimun, wortel, daun selada, dan daun kemangi) serta sambal. Sambal yang dibuat pun beraneka macam, ada sambal tomat, sambal cabe merah atau sambal cabe hijau. Kekuatan lalapan yang utama terletak pada cita rasa sambalnya akan tetapi selain itu variasi pengemasan lauk nya (di goreng-tepung, di bakar atau di buat krispy) juga menjadi  kriteria kelezatan lalapan tertentu. Untuk para mahasiswa yang berkantong pas-pas an mereka terbiasa menerapkan 3 M dalam pemilihan lalapan yg akan mereka beli #bukan menguras menutup mengubur#. M pertama adalah Murah, yang kedua adalah Maknyos (enak), dan  yag terakhir adalah Mengenyangkan.
Di dalam satu wilayah kos-kosan ada banyak sekali pedagang lalapan. Untuk membedakannya, para pelanggan mempunyai julukan tersendiri yang seringkali unik serta menimbulkan tawa# bisa juga menimbulkan tanda tanya, Ngak kepikiran Ya?- Quote dari Mamah Nori Curhat Dong- Sahurnya OVJ# . Berikut ini beberapa warung penjual lalapan di Malang dengan nama unik mereka:
1. Lalapan Pak Sinyo
Entah dari mana nama ini berasalnya, namun pemilik lalapan murah dengan sambal tomat yang manis nan melimpah ruah ini memiliki  anak laki-laki seumuran sekolah dasar  yang mendapat julukan “Sinyo”. Mungkin karena itulah warung mereka di katakan sebagai Lalapan Pak Sinyo aka Lalapan Milik  Bapaknya Sinyo. #huhuhu#
2. Lalapan Bu Gendut
Dari headlinenya saja pasti Anda sudah tahu alasan pemberian nama itu. Yups, benar sekali, Ibu pemilik warung (sebenarnya tidak overweight) memang paling tidak kurus dibanding penjual lalapan yang yang lain. Lalapan Bu Gendut buka paling pagi sehingga menjadi favorit menu sarapan mahasiswa yang kebetulan akan kuliah pagi. Selain itu sambal tomat yang banyak nan legit menjadi nilai plus tersendiri di warung ini.
3. Lalapan “Mas Eros”
Boleh percaya atau tidak nama ini dimunculkan dan mulai populer karena mas penjualnya memiliki wajah mirip dengan gitaris Sheila on 7, Eros. Saya telah membuktikannya dan ternyata sekilas memang mirip dengan yang asli, hehehe.  Akan tetapi belakangan ini  Mas Eros jarang terlihat di warungnya, dan menurut kabar angin,  yang bersangkutan pindah kerja ke luar daerah. Well, meskipun demikian sebutan Lalapan Mas Eros sudah terlanjut melekat pada warung yang terkenal dengan dada ayam yang sedap ini.
4. Lalapan Jamur – Crispy
Selain menggunakan ayam, ikan, lele ataupun tahu-tempe ternyata lauk lalapan juga bisa menggunakan Jamur. Jamur yang digunakan adalah jamur tiram yang berwarna putih dan berdaging empuk. Yang membuat istimewa jamur disini adalah ukurannya yang besar serta rasanya yang sedikit asin dan kenyal bila digigit meskipun tampilan luarnya terlihat crispy. Lalapan ini banyak sekali peminatnya karena harga yang murah dan rasa yg enak. Bila Anda tertarik mencicipinya, Anda harus rela antri lumayan agak lama karena jenis lauk yang satu ini laku keras.
5. Lalapan ijo
Yang menjadi daya tarik warung ini adalah sambalnya yg berwarna hijau yang dibuat dari cabe hijau. Ibu dan bapak penjual menambahkan irisan tempe goreng mini pada setiap menu yang dipesan # ini gratis sistah, yang gratis-gratisan gini kite orang paling demen khan, hohoho# . Selain menyediakan lauk serba goreng, disini juga menyediakan lauk yang dibakar. Bumbu olesan untuk lauk yang di bakar juga tidak kalah nikmatnya.
6. Lalapan 21 aka lalapan Mas ganteng
Entah kenapa dinamakan lalapan 21, mungkin merujuk pada nomor rumah dimana warung ini berdiri. #ataukah berhubungan dengan Cineplex# Akan tetapi saya dan teman-teman lebih senang menyebut warung ini sebagai Lalapan Mas Ganteng. Ini dikarenakan penjual lalapan semuanya adalah laki-laki yang apabila dilihat memiliki paras yang lumayan. Lalapan 21 juga memiliki lalapan andalan yaitu lalapan ayam, keistimewaannya adalah penggunaan sambal cabai merah dan lauk yang digoreng crispi dengan ukuran yg lumayan besar.  
7. Lalapan ceker ITN
Lalapan ini selain menjual lauk seperti pada kebanyakan warung lalapan, juga menambahkan ceker ayam kedalam pilihan aneka lauk nya. Ceker ayam yang direbus menjadi daya tarik tersendiri dan entah kenapa banyak teman termasuk saya sangat menggemari ceker ayam#bila istilah jawanya “suka klamut-klamut ceker ayam”. Klamut- klamut bisa dikatakan makan dengan sangat lahap dan hampir tidak menyisakan apapun#. Sambal yang disajikan juga lumayan enak selain pertimbangan utama harga sesuai kantong dan jumlah ceker yang banyak. (1 porsi bisa mendapat 4-5 ceker).
8. Lalapan Nasi Kuning – gang VI
Meskipun lauk yang disajikan berukuran tidak terlau besar namun nasi kuning yang gurih menjadikan lalapan ini banyak diburu. Berbicara soal harga juga termasuk murah dan ditambah ada irisan tempe goreng yang tentu saja tidak berbayar. Gerobak bapak penjual lalapan, yang hanya berjualan dimalam hari sekitar habis magribh ini, selalu berhenti di depan Gang VI. Oleh karena itulah mendapat sebutan Lalapan Nasi Kuning – gang VI.
 9. Lalapan SMS
Kelebihannya selain sambalnya yang sangat pedas dan menjadi favorit para penyuka masakan pedas,  pembeli bisa memesan makanan via sms semacam delivery service pada restauran-restauran cepat saji. Warung lalapan ini termasuk pemprakarsa sistem layan antar lalapan #keren nggak tu#. Oleh karena banyaknya peminat, lalapan ini telah memiliki cabang.
10. Lalapan Citra
Lalapan Citra juga termasuk ke dalam “Top Ten Most Wanted “ warung penjual lalapan. Warung ini menyediakan aneka lauk baik yang digoreng ataupun dibakar. Keistimewaan dari tempat makan ini adalah ayam krispy gurih dengan sambal kecap pedas manis. Selain itu warung ini juga terkenal dengan lalapan tempe dan tahu dengan ukuran jumbo. Sama halnya dengan lalapan Pak Sinyo, kemungkinan nama warung ini berasal dari nama anak pemilik warung.
11. Lalapan gang Masjid
Gerobak semi permanen lalapan ini berada di gang di samping masjid. Yang menjadi ciri khas dari lalapan disini adalah sambal ijo, penggunaan banyak tepung dalam penggorengan lauk, dan ditambahkannya sayuran matang (kangkung rebus). Selain itu juga ada penambahan sejenis srondeng (parutan kelapa yang digoreng kering) yang sedikit asin. Sehingga rasa yang dihasilkan jadi manis asam asin.
12. Lalapan TK
Berada di dekat Taman Kanak-Kanak dan hanya berjualan di malam hari #kecuali malam minggu- sebuah misteri yang belum terpecahkan sebabnya#. Menu lalapan yang terkenal disini adalah lalapan usus. Selain murah dan enak, pembeli akan mendapat bonus irisan terong goreng yang banyak  dan besar-besar. Terong disini sudah seperti bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap menu lalapan.

Ini adalah sebagian kecil nama warung lalapan unik dan sejarahnya yang saya ketahui. Bagaimana dengan di daerah Anda? pasti lebih beraneka ragam sebutan sebutan nya. Kelezatan makanan memang ditentukan dari rasanya, tapi ketika kita mengingat namanya akan lebih mudah untuk kembali ke sana (warung/penjualnya). Mari cintai masakan-masakan tradisional Indonesia!#2 kalimat terakhir yang tidak jelas, hahaha#. Semoga Anda terhibur dengan tulisan saya. Terima kasih sudah berkenan membaca, mohon kritik dan sarannya juga. :)



Sunday, August 5, 2012

Belajar Bahasa Inggris ala Detektif part 2

Yesterday was a history
Today is a gift
And tomorrow is a mystery (PO, Kungfu Panda)
Moshi moshi. Masih merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya “Belajar Bahasa Inggris ala Detektif”, kali ini saya akan membagikan worksheet pembelajaran penggunaan “Question Word” atau kata tanya dalam interrogative sentence (kalimat tanya). Pada kesempatan kali ini para siswa akan diarahkan untuk menjadi seorang detektif dan memecahkan sebuah kasus pencurian. Tugas utama mereka adalah menemukan siapa yang kemungkinan menjadi pelaku dengan cara menginterogasi semua karakter dengan menggunakan “Question words “ seperti What, Why, What time, When, Where.
Berikut ini petunjuk pengerjaannya:
1. Bagilah siswa ke dalam grup (minimal 3 siswa tiap grupnya).Disarankan Untuk kisaran usia 11-13 tahun.
2. Berikan kepada mereka 1 lembar worksheet untuk di kerjakan.
Anda sebenarnya akan mendapat 2 worksheet. Worksheet yang kedua berisi tentang data pribadi karakter yang akan di investigasi beserta kegiatan yang mereka lakukan pada saat terjadi pencurian. Disini terdapat 5 tokoh yang kesemuanya dicurigai sebagai pelaku. Bagikan setiap grup dengan 1 tokoh untuk mereka perankan nantinya.Sementara 1 grup berperan sebagai pelaku, grup lain bisa menginterogasi dengan menggunakan kalimat tanya dan begitu seterusnya bergantian sampai pada tokoh terakhir. Siswa bisa menulis informasi yang mereka dapat dari jawaban “terduga pencuri” pada worksheet pertama yg sudah mereka terima.
Catatan: jika dalam kelas besar, Anda bisa menambahkan karakter sesuai keinginan Anda.
3. Berilah penjelasan lebih lanjut tentang kronologis kejadian agar bisa membantu siswa mendapatkan gambaran tentang kasus pencuriaan tersebut. Bagian yang Anda harus jelaskan lebih lanjut berada di atas tabel yang harus diisi oleh siswa dan saya mencetak tebal beberapa kata atau angka yang harus Anda tekankan kepada siswa.
4. Berikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan kata-kata yang tidak mereka pahami.
5. Setelah seluruh siswa selesai melakukan pengisian tabel, berilah kesempatan kepada mereka untuk melakukan analisis dan menebak pelaku. Dalam hal ini bisa saja tidak ada pelaku tunggal dan selama para siswa bisa mengemukakan alasan yang logis tentang si pelaku pencurian, maka pilihan itu bisa Anda terima.
Berikut ini link downloadnya. Ready to be a detective, here we go…
http://www.ziddu.com/download/21625761/Whoistherobber.doc.html

Belajar Bahasa Inggris ala Detektif part 1

Siapa yang tidak mengenal detektif Sherlock Holmes atau anak cerdas Sinichi Kudo aka Conan Edogawa dalam kartun Detective Conan #Kalau dalam negeri siapa ya, Anda tahu?#. Memecahkan misteri dan menyelesaikan kasus adalah hal yang sangat menarik bagi mereka. Dan tentu saja juga menarik bagi para penonton #Bapak-bapak ibu-ibu semua yang ada disini, jadi nyanyi dah#. Anak-anak dengan pemikiran mereka yang kritis sekarang ini akan cenderung lebih tanggap dalam merespon hal-hal yang baru, sesuatu yang tidak meraka ketahui sebelumnya, yang misterius dan tidak terduga. Meskipun saya bukan orang yang sangat senang dengan hal-hal berbau misteri#apalagi mistis. xixixi#, tapi ketertarikan mereka ini bisa kita gunakan dalam variasi pengajaran.Kita bisa menggunakan permainan ala detektif sebagai media pembelajaran subjek tertentu.
Kali ini saya akan membagi worksheet pembelajaran Bahasa Inggris melaui sebuah cerita kronologis tentang riwayat atau perjalanan hidup seorang tokoh antagonis yang bernama "Mr Barbados" . Oleh karena pembelajaran ini memerlukan pemahaman lebih detil, analitis dan juga daya imaginasi, maka disarankan materi ini diberikan kepada anak berusia 11-14 tahun.
Petunjuk :
1. Bagilah siswa ke dalam grup (bisa terdiri dari 2-4 anak)
2. Berikan penjelasan tentang pentunjuk pengerjaan.
Penjelasan yang diberikan meliputi hal-hal berikut ini:
- Siswa akan menerima sebuah kertas kerja.
Pada bagian atas terdapat sebuah peta daerah(karena ini adalah negara imajinasi, maka nama-nama daerah juga tidak nyata, misalkan seperti :Chrome, slytherin,Fox). #Anda bisa mengganti nama daerahnya#. Sedangkan pada bagian bawah ada beberapa kalimat acak.
- Tugas siswa adalah: menyusun kalimat acak dengan urutan yang benar, menemukan posisi terakhir Mr. Barbados dengan mengikuti perjalannya hidupnya dari tahun ke tahun. Dalam setiap kalimat terdapat daerah dimana dia berada sehingga nantinya memudahkan siswa mencari keberadaannya sekarang.
Contoh: Mr. Barbados was born in Gamma in nineteen seventy five.Gamma adalah tempat kelahirannya, jadi posisi awal berada di daerah Gamma. Siswa bisa menandai dengan memberikan nomor urut 1 pada daerah yag dimaksud dan selanjutnya nomor 2,3,4 sampai daerah terakhir.
PENTING:Ingatkan pada siswa, karena ini adalah daftar riwayat hidup/perjalanan hidup maka dalam hal penyusunan kalimat acak harus memperhatikan keruntutan tahun kejadian.
- Siswa diperbolehkan menggunakan kamus atau menanyakan kepada Anda kata-kata yang tidak dimengerti.
3. Sebagai bahan evaluasi, Anda bisa memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pemahaman mereka terhadap cerita yang bersangkutan, misalkan: What did Mr. Barbados do in 1978? atau Who is his real name?. Atau jika memungkinkan, mereka boleh bermajinasi membuat daftar riwayat hidup mereka yang sederhana. Berikut link downloadnya dan semoga bermanfaat.

http://www.ziddu.com/download/21625776/mr.barbadosreveal.doc.html

Friday, August 3, 2012

Worksheet Bahasa Inggris Mengenal Family

Sudah lama nggak nge blog, kali ini saya akan membagikan contoh worksheet bahasa inggris untuk pembelajaran "family" pada siswa berusia diantara 11 sampai 15 tahun.
Petunjuk:
1. Bagilah siswa Anda ke dalam grup (grup terdiri dari 2-3 siswa).
2. Berilah penjelasan petunjuk pengerjaan "Family Tree".
3. Berilah kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang kata-kata yang tidak mereka ketahui artinya.
4. Sebagai bahan evaluasi setelah pengerjaan berakhir, berikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan "Family Tree" atau pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan personal masing-masing anggota keluarga, misalkan apa pekerjaannya (What does he/she do?), dimana tempat dia bekerja (Where does he/she go to work?) atau apa kegemarannya (What is his/her hobby? atau What does he /she like to do?).Sekedar tips dari saya, akan lebih baik jika Anda bisa selalu mobile untuk berinteraksi dengan setiap grup. Selamat mencoba.
Berikut ini link download nya:

http://www.ziddu.com/download/20839086/Tuckerfam.doc.html
http://www.ziddu.com/download/20839093/Tuckerfamtree.doc.html