Welkomen This Is Me - The one and only Wina Anggari

And the stories begin ....

Sunday, August 5, 2012

Belajar Bahasa Inggris ala Detektif part 1

Siapa yang tidak mengenal detektif Sherlock Holmes atau anak cerdas Sinichi Kudo aka Conan Edogawa dalam kartun Detective Conan #Kalau dalam negeri siapa ya, Anda tahu?#. Memecahkan misteri dan menyelesaikan kasus adalah hal yang sangat menarik bagi mereka. Dan tentu saja juga menarik bagi para penonton #Bapak-bapak ibu-ibu semua yang ada disini, jadi nyanyi dah#. Anak-anak dengan pemikiran mereka yang kritis sekarang ini akan cenderung lebih tanggap dalam merespon hal-hal yang baru, sesuatu yang tidak meraka ketahui sebelumnya, yang misterius dan tidak terduga. Meskipun saya bukan orang yang sangat senang dengan hal-hal berbau misteri#apalagi mistis. xixixi#, tapi ketertarikan mereka ini bisa kita gunakan dalam variasi pengajaran.Kita bisa menggunakan permainan ala detektif sebagai media pembelajaran subjek tertentu.
Kali ini saya akan membagi worksheet pembelajaran Bahasa Inggris melaui sebuah cerita kronologis tentang riwayat atau perjalanan hidup seorang tokoh antagonis yang bernama "Mr Barbados" . Oleh karena pembelajaran ini memerlukan pemahaman lebih detil, analitis dan juga daya imaginasi, maka disarankan materi ini diberikan kepada anak berusia 11-14 tahun.
Petunjuk :
1. Bagilah siswa ke dalam grup (bisa terdiri dari 2-4 anak)
2. Berikan penjelasan tentang pentunjuk pengerjaan.
Penjelasan yang diberikan meliputi hal-hal berikut ini:
- Siswa akan menerima sebuah kertas kerja.
Pada bagian atas terdapat sebuah peta daerah(karena ini adalah negara imajinasi, maka nama-nama daerah juga tidak nyata, misalkan seperti :Chrome, slytherin,Fox). #Anda bisa mengganti nama daerahnya#. Sedangkan pada bagian bawah ada beberapa kalimat acak.
- Tugas siswa adalah: menyusun kalimat acak dengan urutan yang benar, menemukan posisi terakhir Mr. Barbados dengan mengikuti perjalannya hidupnya dari tahun ke tahun. Dalam setiap kalimat terdapat daerah dimana dia berada sehingga nantinya memudahkan siswa mencari keberadaannya sekarang.
Contoh: Mr. Barbados was born in Gamma in nineteen seventy five.Gamma adalah tempat kelahirannya, jadi posisi awal berada di daerah Gamma. Siswa bisa menandai dengan memberikan nomor urut 1 pada daerah yag dimaksud dan selanjutnya nomor 2,3,4 sampai daerah terakhir.
PENTING:Ingatkan pada siswa, karena ini adalah daftar riwayat hidup/perjalanan hidup maka dalam hal penyusunan kalimat acak harus memperhatikan keruntutan tahun kejadian.
- Siswa diperbolehkan menggunakan kamus atau menanyakan kepada Anda kata-kata yang tidak dimengerti.
3. Sebagai bahan evaluasi, Anda bisa memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pemahaman mereka terhadap cerita yang bersangkutan, misalkan: What did Mr. Barbados do in 1978? atau Who is his real name?. Atau jika memungkinkan, mereka boleh bermajinasi membuat daftar riwayat hidup mereka yang sederhana. Berikut link downloadnya dan semoga bermanfaat.

http://www.ziddu.com/download/21625776/mr.barbadosreveal.doc.html

2 comments: