Welkomen This Is Me - The one and only Wina Anggari

And the stories begin ....

Sunday, August 5, 2012

Belajar Bahasa Inggris ala Detektif part 2

Yesterday was a history
Today is a gift
And tomorrow is a mystery (PO, Kungfu Panda)
Moshi moshi. Masih merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya “Belajar Bahasa Inggris ala Detektif”, kali ini saya akan membagikan worksheet pembelajaran penggunaan “Question Word” atau kata tanya dalam interrogative sentence (kalimat tanya). Pada kesempatan kali ini para siswa akan diarahkan untuk menjadi seorang detektif dan memecahkan sebuah kasus pencurian. Tugas utama mereka adalah menemukan siapa yang kemungkinan menjadi pelaku dengan cara menginterogasi semua karakter dengan menggunakan “Question words “ seperti What, Why, What time, When, Where.
Berikut ini petunjuk pengerjaannya:
1. Bagilah siswa ke dalam grup (minimal 3 siswa tiap grupnya).Disarankan Untuk kisaran usia 11-13 tahun.
2. Berikan kepada mereka 1 lembar worksheet untuk di kerjakan.
Anda sebenarnya akan mendapat 2 worksheet. Worksheet yang kedua berisi tentang data pribadi karakter yang akan di investigasi beserta kegiatan yang mereka lakukan pada saat terjadi pencurian. Disini terdapat 5 tokoh yang kesemuanya dicurigai sebagai pelaku. Bagikan setiap grup dengan 1 tokoh untuk mereka perankan nantinya.Sementara 1 grup berperan sebagai pelaku, grup lain bisa menginterogasi dengan menggunakan kalimat tanya dan begitu seterusnya bergantian sampai pada tokoh terakhir. Siswa bisa menulis informasi yang mereka dapat dari jawaban “terduga pencuri” pada worksheet pertama yg sudah mereka terima.
Catatan: jika dalam kelas besar, Anda bisa menambahkan karakter sesuai keinginan Anda.
3. Berilah penjelasan lebih lanjut tentang kronologis kejadian agar bisa membantu siswa mendapatkan gambaran tentang kasus pencuriaan tersebut. Bagian yang Anda harus jelaskan lebih lanjut berada di atas tabel yang harus diisi oleh siswa dan saya mencetak tebal beberapa kata atau angka yang harus Anda tekankan kepada siswa.
4. Berikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan kata-kata yang tidak mereka pahami.
5. Setelah seluruh siswa selesai melakukan pengisian tabel, berilah kesempatan kepada mereka untuk melakukan analisis dan menebak pelaku. Dalam hal ini bisa saja tidak ada pelaku tunggal dan selama para siswa bisa mengemukakan alasan yang logis tentang si pelaku pencurian, maka pilihan itu bisa Anda terima.
Berikut ini link downloadnya. Ready to be a detective, here we go…
http://www.ziddu.com/download/21625761/Whoistherobber.doc.html

No comments:

Post a Comment