Pada suatu malam saya
bertandang ke rumah adik sepupu. Sejenak setelah saya memarkirkan sepeda motor,
adik sepupu saya dengan penampilan seadanya berlari kegirangan menyambut saya.
Seolah-olah saya adalah anggota girlband yang baru landing dari Korea Selatan.
# lebay mode ON#. Dia kemudian
menyodorkan sebuah buku # saya kira mau
minta tanda tangan:Lebay mode ON berlanjut#. “Ini Mbak, caranya gimana y?”
katanya dengan raut wajah galau. Rupanya
dia sedang mengerjakan pe er matematika bab Himpunan Bagian dan mengalami
kesulitan menyelesaikan beberapa soalnya. Dia kemudian meminta saya untuk mengajarinya
menyelesaikan soal-soal tersebut. Dan mulailah kami bahu membahu menghabiskan
soal-soal sulit itu, sampai saya terhenti pada 2 butir soal yang membuat saya
terpana lama karena tidak mengetahu cara menyelesaikannya. # just As usual, alamat penasaran sampai nggak
bisa tidur nie, hadeeew#
Soal
Pertama: Sebanyak 150 angket dibagikan kepada siswa untuk
mengetahui pilihan kegiatan
ekstrakurikuler mereka. 105 siswa memilih olahraga. 82 siswa memilih seni dan
70 siswa memilih olahraga dan seni. Sedangkan sisanya memilih kegiatan lain.
Banyak siswa yang tidak memilih olahraga dan seni adalah …
A.107 B. 35 B. 33 D.
11
Soal
Kedua: Dari 100 orang disurvei tentang kegemaran menonton
acara TV, diperoleh 68 orang gemar sinetron, 42 orang gemar berita dan 10 orang
tidak gemar semuanya. Banyak orang yang hanya gemar menonton berita adalah …
A. 20 B. 22 C. 32 D.
36
#nah lho jadi pusing saya. Mau dijawab apa coba? hick2 # sudah lebih
dari 15 menit saya mengutak atik kedua soal tapi masih nihil tidak menemukan
jawaban. Saya tetap berusaha karena prinsip saya jika mengerjakan soal matematika
untuk soal pilihan ganda saya yakin: "Pasti jawabannya salah satu dari pilihan
gandanya”. #Ya jelaslah.he3 #. Karena
matematika termasuk pelajaran Exact (= terjemahannya Pasti), dan bukan semacam
pelajaran mengarang indah dimana semakin banyak karangan akan semakin indah. Jadinya pasti ada jawabannya # Maksa ni yee.kwkwk#
Sembari berpacu dengan
waktu, saya masih berjibaku dengan kedua soal tersebut ketika adik sepupu saya
komat kamit. Samar- samar terdengar dia menyebut beberapa nama seperti cucunya
Albert Einsten, adiknya Kyu Hyun, dan lain-lain. Saya kemudian berpikir, adakah hubungan mereka
dengan soal matematika? #menurut Anda?#Satu
komentar saya tentang abg ini: kamu memang ajaib, epin.hahaha.
Akhirnya saya menyerah
dan memutuskan pulang ke rumah, masih dengan rasa penasaran yang teramat
sangat. Sesampainya di rumah, langsung saja saya membuka buku rahasia milik
saya. Buku berjudul: Metode Kilat Menyelesaikan TPA & PSIKOTES: Soal- Soal
Sukar Tingkat Tinggi # buku ini dari judulnya saja sudah kelihatan WOW,
apalagi isinya dijamin WOW bangetz sis and bro#. Setelah membaca beberapa
saat buku bersampul merah ini, saya berhasil mengerjakan kedua soal tersebut.
Seperti inilah ternyata
kronologis penyelesaiannya.
Rumusnya: n (A ∪
B) = n (A) + n (B) – n (A ∩ B)
∪ = Union yang artinya gabungan
∩ = Irisan
# kedip-kedip 3 kali... tanda saya masih belum paham#.
Untuk lebih jelasnya,
mari kita lihat contoh dibawah ini:
- Diketahui ada anak
perempuan kelas 1 smp yang terdiri dari Santi, Eka, Eva, Cintia, Marita, Dara, Sandra, Nabila, Joana, Intan dan
Kajol. Bisa ditulis sebagai S= {Himpunan
anak perempuan kelas 1 smp}
- A adalah anak
perempuan kelas 1 smp yang suka boyband Korea yaitu Santi, Eka, Eva, Cintia, Marita, dan Dara. Bisa ditulis menjadi A= {Santi, Eka, Eva, Cintia, Marita, Dara}
- B adalah anak
perempuan kelas 1 smp yang menyukai girlband Korea yaitu Cintia, Sandra, Santi, Eva, dan Nabila. Bisa ditulis menjadi
B = {Cintia, Sandra, Santi, Eva, Nabila}
- A ∩ B = anak
perempuan kelas 1 smp yang menyukai keduanya. Bisa ditulis menjadi
A ∩ B = {Cintia, Santi, Eva}
- A ∪
B adalah jumlah keseluruhan anak perempuan kelas 1 smp yang menyukai boyband digabung dengan jumlah yang menyukai
girlband. Bisa ditulis menjadi A ∪
B = {Santi, Eka, Eva, Cintia, Marita, Dara, Sandra,Nabila}.
# saya menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri,
tanda-tanda masih saja belum jelas.he3 faktor usia membuat saya semakin lemot
saja#
Diagram Venn berikut
ini akan membantu mempermudah pemahaman kita:
# saya manggut- manggut nampaknya sudah lebih paham. :)#
Sebagai tambahan
ternyata terdapat lagi istilah Komplemen (dengan simbolc) # wah2 apa lagi ini, tiba-tiba saya menjadi
lapar # yang penjelasannya saya ambil dari buku kurang lebih seperti ini: seluruh
himpunan yang anggotanya bukan anggota himpuan X. Kita bisa memperhatikan lagi gambar
diagram Venn di atas:
Ac = {Nabila, Sandra, Joana, Intan,
Kajol} – semua yang bukan anggota A, disebutkan.
B c = {Marita, Eka, Dara, Joana,
Intan, Kajol}- semua yang bukan anggota B, disebutkan.
(A ∩ B) c =
{Marita, Eka, Dara, Nabila, Sandra, Joana, Intan, Kajol}-semua yang bukan termasuk ke
dalam A ∩ B,
disebutkan.
(A ∪
B) c = {Joana, Intan, Kajol} - semua yang bukan termasuk ke dalam A ∪
B, disebutkan.
Setelah mendapat
penjelasan dan gambaran dari contoh diatas, saya kemudian mencoba menerapkan
pada kedua soal yang sukar tadi.
To be continued
(bersambung)
Cover Buku Referensi Pengerjaan Soal |
No comments:
Post a Comment